SEKILAS INFO
12-04-2024
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Peserta Didik Baru di SMPN 2 Sijuk Tahun Pelajaran 2022/2023, 11 Juli 2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Atas Kelulusan dan Kenaikan kelas Siswa SMPN 2 SIJUK, 17 Juni 2022
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMPN 2 Sijuk, 01 Oktober 2021
17
Mar 2024
0
PUASA BULAN AL QUR’AN

Materi Penguatan Karakter

Senin, 17 Maret 2024

PUASA BULAN AL QUR’AN

Puasa bulan Ramadan adalah salah satu ibadah yang paling istimewa dalam Islam. Selain sebagai ibadah wajib yang dijalankan oleh umat Islam di seluruh dunia, bulan Ramadan juga memiliki keistimewaan tersendiri karena di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu Malam Lailatul Qadar.

Salah satu keistimewaan bulan Ramadan adalah sebagai bulan turunnya kitab suci Al-Qur’an. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah, ayat 185: “Bulan Ramadan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an menjadi petunjuk bagi manusia, dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk tersebut serta pembeda antara yang hak dan yang batil.”

Al-Qur’an adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidup bagi umat Islam. Di dalam Al-Qur’an terdapat petunjuk dan tuntunan yang jelas bagi kita untuk menjalani kehidupan ini dengan sebaik-baiknya. Puasa bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak membaca, memahami, dan mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain.” (HR. Bukhari). Dari hadits ini, kita dapat memahami pentingnya mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an kepada orang lain. Puasa bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk memperdalam pemahaman kita tentang Al-Qur’an agar kita dapat mengamalkannya dengan lebih baik.

Puasa bulan Ramadan juga merupakan waktu yang tepat untuk merenungkan makna dari setiap ayat dalam Al-Qur’an. Dengan merenungkan ayat-ayat Al-Qur’an, kita dapat memperoleh hikmah dan pelajaran yang dapat membimbing kita dalam menjalani kehidupan ini. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di dalam Al-Qur’an terdapat syafa’at, yakni syafa’at Al-Qur’an itu diterima, dan penolakan syafa’at itu diakui.” (HR. Muslim).

Selain itu, puasa bulan Ramadan juga merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak amal kebaikan. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan semisalnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Dengan demikian, mari kita manfaatkan bulan Ramadan ini dengan sebaik-baiknya. Mari kita perbanyak membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita semua dapat meraih keberkahan dan keutamaan dari bulan Ramadan ini.