SEKILAS INFO
12-04-2024
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Peserta Didik Baru di SMPN 2 Sijuk Tahun Pelajaran 2022/2023, 11 Juli 2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Atas Kelulusan dan Kenaikan kelas Siswa SMPN 2 SIJUK, 17 Juni 2022
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMPN 2 Sijuk, 01 Oktober 2021
17
Mar 2024
0
KEUTAMAAN PUASA RAMADHAN

Kamis, 14 Maret 2024

Assalamu’alaikum wr. wb.

Puasa Ramadan adalah salah satu ibadah yang paling istimewa dalam Islam. Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, di mana setiap amal ibadah yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Salah satu ibadah yang paling utama di bulan Ramadan adalah puasa.

Puasa bukan hanya menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri dari terbit fajar hingga terbenam matahari, tapi juga menahan diri dari perbuatan yang tidak baik, seperti berkata kasar, berbohong, atau melakukan perbuatan buruk lainnya. Di balik ketaatan ini, terdapat banyak keutamaan yang Allah janjikan bagi hamba-Nya yang berpuasa.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an, Surah Al-Baqarah, ayat 183, yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” Puasa Ramadan adalah salah satu cara untuk memperkuat ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Salah satu keutamaan puasa adalah mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Setiap amal perbuatan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya; satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman, ‘Kecuali puasa, karena ia adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya.'” (HR. Muslim).

Puasa juga mengajarkan kita tentang rasa empati terhadap orang-orang yang kurang beruntung. Ketika kita merasakan lapar dan haus selama puasa, itu memberikan kita pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana rasanya menjadi orang yang membutuhkan bantuan. Kita menjadi lebih bersyukur atas rezeki yang Allah berikan kepada kita setiap hari.

Selain itu, puasa juga merupakan pelajaran kesabaran. Saat kita merasa lapar dan haus, kita diajarkan untuk bersabar dan tidak mengeluh. Hal ini mengajarkan kita untuk mengendalikan diri dalam situasi sulit dan menjaga emosi kita. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya, puasa adalah perisai yang kuat, ketika salah satu di antara kalian berpuasa, janganlah dia berkata keji dan jangan pula dia berbuat kotor. Jika seseorang berdebat dengannya atau mencelanya, hendaklah dia berkata: ‘Aku sedang berpuasa.’ (HR. Bukhari dan Muslim).

Puasa juga memperkuat iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Dengan berpuasa, kita belajar untuk lebih taat kepada perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Puasa Ramadan juga merupakan kesempatan untuk membersihkan hati dan pikiran kita dari hal-hal yang negatif serta memperbaiki hubungan kita dengan Allah SWT dan sesama manusia.

Jadi, mari kita manfaatkan bulan Ramadan ini dengan sebaik-baiknya. Selain menunaikan puasa dengan baik, mari kita tingkatkan ibadah lainnya seperti shalat, sedekah, dan membaca Al-Qur’an. Semoga kita semua bisa merasakan keutamaan puasa ini dan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Wassalamu’alaikum wr. wb.