SEKILAS INFO
12-04-2024
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Peserta Didik Baru di SMPN 2 Sijuk Tahun Pelajaran 2022/2023, 11 Juli 2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Atas Kelulusan dan Kenaikan kelas Siswa SMPN 2 SIJUK, 17 Juni 2022
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMPN 2 Sijuk, 01 Oktober 2021
28
Mar 2024
0
Pesantren Kilat 1445 H SMP Negeri 2 Sijuk: Membangun Keterampilan Berbicara dan Kecintaan pada Al-Qur'an

Sijuk, 28 Maret 2024 – SMP Negeri 2 Sijuk menggelar kegiatan Pesantren Kilat 1445 H pada Rabu-Kamis, 27-28 Maret 2024, di Musholla SMPN 2 Sijuk. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kelas 7 dan 8, yang antusias untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan kecintaan pada Al-Qur’an.

Pada hari pertama, pemateri Rudi Ermawan, S.Pd.I, memberikan pelatihan tentang ceramah dan public speaking. Siswa-siswa diajak untuk memahami teknik-teknik berbicara yang efektif dan memikat, serta diberikan kesempatan untuk berlatih langsung di depan teman-temannya.

“Keterampilan berbicara adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menguasai teknik-teknik berbicara yang baik, siswa dapat lebih percaya diri dan mampu menyampaikan ide atau pendapat dengan jelas dan lugas,” kata Rudi Ermawan.

Sementara itu, pada hari kedua, giliran pemateri Ahmad Fiqi Ramadani Al Hafidz memberikan materi tentang keutamaan membaca Al-Qur’an dan latihan membaca Surat Al-Fatihah beserta terjemahannya. Dalam sesi ini, siswa-siswa diajak untuk lebih mendalami makna dari ayat-ayat suci Al-Qur’an, serta pentingnya menghafal dan memahami surat Al-Fatihah sebagai doa yang harus dipahami maksud dan maknanya.

“Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi umat Islam. Dengan membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran yang terkandung di dalamnya, kita dapat hidup sesuai dengan tuntunan Allah SWT,” ujar Ahmad Fiqi Ramadani Al Hafidz.

Pada akhir kegiatan, panitia juga menyelenggarakan sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari pemateri berkesempatan memenangkan door prize menarik. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi peserta untuk aktif dalam mengikuti kegiatan dan memperdalam pemahaman mereka.

Kegiatan Pesantren Kilat 1445 H ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara dan pemahaman terhadap Al-Qur’an. Dengan demikian, diharapkan para siswa dapat menjadi generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan mampu menjadi pemimpin yang dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat sekitar.

 

Penulis : Rudi Irawan, S.Pd.I