SEKILAS INFO
12-04-2024
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Peserta Didik Baru di SMPN 2 Sijuk Tahun Pelajaran 2022/2023, 11 Juli 2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Atas Kelulusan dan Kenaikan kelas Siswa SMPN 2 SIJUK, 17 Juni 2022
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMPN 2 Sijuk, 01 Oktober 2021
27
Des 2021
Penilaian Kinerja Guru (PKG)

Penilaian Kinerja Guru (PKG) di SMPN 2 Sijuk Berjalan dengan baik

Penilaian Kinerja Guru (PKG) ialah kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh instansi pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakaan untuk mengukur kinerja guru selama satu tahun tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMPN 2 Sijuk mulai dari awal November 2021 sampai dengan pertengahan Desember 2021. Kegiatan PKG ini dilakukan oleh tim penilai yang terdiri dari tiga orang yakni 1) kepala sekolah, 2) wakil kepala sekolah, dan 3) wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Terdapat 29 guru yang ada di SMPN 2 Sijuk, kemudian dibagi menjadi tiga kelompok terdiri dari 1) kepala sekolah 10 orang, 2) wakil kepala sekolah 10 orang, dan 3) wakil kepala sekolah 9 orang. Pada proses PKG dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya;

1. Sosialisasi antar tim penilai untuk menyamakan persepsi/penilaian yang akan dilakukan.

2. Membuat jadwal supervisi.

3. Memeriksa perlengkapan administrasi pembelajaran seperti perangkat pembelajaran, daftar hadir, buku nilai, dan catatan kejadian.

4. Membagikan format MP1 (responden teman sejawat), MP2 (responden peserta didik), dan MP3 (responden orang tua peserta didik).

Selama proses penilaian berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Setelah semua proses dilaksanakan tugas penilai ialah melengkapi format 1B (Laporan dan Evaluasi), menulis cacatan fakta sebanyak 14 kompetensi dan mengumpulkan semua berkas untuk dihitung serta dimasukan ke dalam format 1C (rekap hasil penilaian kinerja guru kelas/mata pelajaran) dan 1D (rekap hasil penilaian kinerja guru kelas/mata pelajaran). Kemudian setelah proses pengimputan PKG menggunakan aplikasi sehingga mempermudah penilai dalam melakukan penilaian. Barulah semua berkas dikembalikan ke guru yang dinilai untuk verifikasi data. Setelah semuanya selesai dikumpulkan dan ditanda tangai oleh penilai, guru yang dinilai, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan kepala dinas. Selanjutnya setelah semuanya mendapatkan tanda tangan, kemudian dikumpulkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penulis: Rizky Sutiadi, S.Pd.