SEKILAS INFO
12-04-2024
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Peserta Didik Baru di SMPN 2 Sijuk Tahun Pelajaran 2022/2023, 11 Juli 2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Atas Kelulusan dan Kenaikan kelas Siswa SMPN 2 SIJUK, 17 Juni 2022
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMPN 2 Sijuk, 01 Oktober 2021
13
Okt 2021
0
Menanti Hasil ANBK

Oleh : Muslim Sumar, S.Pd.

Kepala Sekolah SMPN 2 Sijuk

 

Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SMP dan Mts di SMPN 2 Sijuk Telah dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2021. Sebanyak 50 siswa dan 30 guru mengikuti kegiatan ini dengan baik. Dalam kegiatan ini, siswa mengikuti asesmen kompetensi minimal, survey karakter dan survey lingkungan belajar. Sedangkan guru hanya mengikuti survey lingkungan belajar.

Kegiatan Asesmen Nasional di SMP Negeri 2 Sijuk dilaksanakan dengan menggunakan moda semi daring, mengingat akses internet yang cukup terbatas. Dengan di dukung oleh proktor dan teknisi dan ditunjang peralatan laboraturium Komputer yang cukup memadai kegiatan ANBK  moda semi daring  dapat dilaksanakan dengan lancar.

Selama pelaksanaan ANBK, antusias peserta untuk mengikuti kegiatan ini cukup baik. Namun ada bebarapa peserta yang hanya sekedarnya mengikuti kegiatan ini. Menurut Pengawas ruang ada beberapa peserta ANBK yang mengerjakan soal AKM cukup cepat dari waktu yang disediakan, padahal soal soal AKM yang meliputi literasi dan numerasi merupakan instrument yang digunakan untuk mengukur ketrampilan berfikir tingkat tinggi ( HOTS ). Jenis soal seperti ini membutuhkan evaluasi dan analisis terlebih dahulu untuk menjawabnya. Sehingga memerlukan waktu yang cukup lama bagi peserta untuk dapat menjawabnya.

Di sisi yang lain antusias guru untuk mengikuti survey lingkungan belajar cukup baik. Namun ada beberapa guru mengeluhkan instrument survey lingkungan belajar yang bermuatan SARA. Menurut Apripayadi guru mata pelajaran Matematika sekaligus wakil kepala SMP Negeri 2 Sijuk ada satu buah soal yang membuatnya enggan untuk menjawab karena opsi pilihan jawabannya cenderung menyudutkan pada agama tertentu. Dia berharap kedepannya agar instrument soal lingkungan belajar dapat di reviu kembali dan dilakukan perbaikan.

Meskipun secara keseluruhan pelaksananaan ANBK berjalan lancar dan cukup baik ada beberapa catatan yang perlu untuk menjadi perhatian bersama. Pertama, ANBK yang dilaksanakan dengan sistem sampel yang dipilih secara acak melalui DAPODIK dan tidak berdampak kepada peserta secara langsung menyebabkan motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan ini rendah. Kedua, Instrumen AKM literasi dan nemurasi merupakan soal dengan kemampuan analisis tingkat tinggi namun dalam proses pembelajaran dan kegiatan penilaian baik harian, tengah semester dan penilaian akhir semester belum sepenuhnya mengarah pada kemampuan berfikir tingkat tinggi. Oleh sebab itu kedepan perlu dilakukan sosialisasi yang lebih mendalam kepada siswa dan orang tua. Selain itu perlu dilakukan berbagai pelatihan dalam bentuk workshop ataupun IHT untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill  (HOTS)

Kepala bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung dalam kunjungannya ke SMP Negeri 2 Sijuk menyatakan bahwa hasil dari ANBK ini akan mencerminkan mutu sekolah dan jika hasilnya belum memuaskan maka sekolah harus segera melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran dan proses penilaian agar mutu pendidikan satuan pendidikan dapat meningkat.

Mari kita tunggu hasil ANBK, apapun hasilnya kegiatan ini akan dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi Satuan Pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka memberikan layanan pendidikan terbaik kepada peserta didik.