SEKILAS INFO
12-04-2024
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Peserta Didik Baru di SMPN 2 Sijuk Tahun Pelajaran 2022/2023, 11 Juli 2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Atas Kelulusan dan Kenaikan kelas Siswa SMPN 2 SIJUK, 17 Juni 2022
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMPN 2 Sijuk, 01 Oktober 2021
5
Okt 2021
Juara Harapan III Lomba Baca Puisi

Kembali Bersinar

Oleh Rizky Sutiadi, S.Pd.

 

       Pada masa pandemi covid-19 semenjak dua tahun belakangan ini, segala macam perlombaan ditiadakan untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Ditahun 2021 ini PPKM di Kabupaten Belitung sudah menurun ke level III yang awalnya level IV berdasarkan surat edaran Bupati Belitung. Hal ini mengakibatkan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas boleh dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Demikan pula dengan lomba-lomba, SMPN 2 Sijuk kembali meraih prestasi setelah ke kali sekian mengikuti lomba terutama pada lomba baca puisi. Lomba baca puisi tersebut dilaksanakan di Museum kota Tanjungpandan Kabupaten Belitung dengan tema Aku Cinta Museum.

       Peserta diberikan puisi wajib dan tiga puisi pilihan yang akan dilombakan. Puisi wajib berjudul Museum Perjuangan (Karya: Kuntowijoyo), sedangkan puisi pilihan yang pertama berjudul Karawang Bekasi (Karya: Chairil Anwar), kemudian puisi ke dua berjudul Pahlawan Tak Dikenal (Karya: Toto Sudarto Bachtiar), dan puisi ke tiga berjudul Dibalik Seruan Pahlawan (Karya: Zahra Aurora). Siswa dari SMPN 2 Sijuk memilih puisi pilihan berjudul Dibalik Seruan Pahlawan (Karya: Zahra Aurora). Hari demi hari telah ia dilewati dengan berlatih penuh semangat untuk mendapatkan juara.

         Tepat pada hari Selasa, 21 September 2021 perlombaan pun digelar, peserta sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti lomba. Teknis pelaksanaan pembacaan puisi tersebut telah diatur pada technical meeting pada hari sebelumnya. Banyak hal yang disampaikan oleh dewan juri dalam persiapan perlombaan. Kegiatan perlombaan pun dimulai pada pukul 08.30 WIB di Museum, lomba puisi tingkat SMP yang diikuti oleh 27 sekolah dari 32 sekolah dengan total 49 peserta.

          Peserta dipanggil untuk membacakan puisi secara berurutan berdasarkan pencabutan nomor pada saat technical meeting. Walaupun sempat terjeda oleh waktu salat, tetapi tidak menyurutkan semangat peserta dalam menunggu hasil keputusan juri menentukan pemenang lomba. Tibalah saat yang ditunggu-tunggu yakni pengumuman hasil diskusi lomba baca puisi tingkat SMP/MTs oleh dewan juri. Yakni Juara Harapan IV dari SMP Islam Terpadu, Juara Harapan III dari SMPN 2 Sijuk, Juara Harapan II dari MTs Ataqwa, Juara Harapan I dari SMPN 2 Tanjungpandan, Juara III dari MTsN Belitung, Juara II dari SMPN 1 dari Tanjungpandan, dan Juara I dari SMPN 7 Tanjungpandan.

      Walaupun hasilnya kurang memuaskan, tetapi tidak mengapa. Karena bagi sekolah kami menang dalam lomba adalah bonus, berani berpartisipasi dan mengikuti lomba itu berarti dia sudah menang. Hal tersebut tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti lomba ditahun berikutnya dengan target juara I (Pertama). Setelah sekian lama SMPN 2 Sijuk kembali bersinar dengan prestasi yang membanggakan. Rasa risau, gundah-gulana, setelah menunggu sekian lama dari pagi hingga sore. Akhirnya pecah dengan senyuman yang berbinar-binar dari wajah peserta dan pendamping. Serta teriakan yang lepas karena gembiranya mendapatkan prestasi tersebut. Seperti motto SMPN 2 Sijuk, “TAHUN 2021 ADALAH TAHUN PRESTASI”, SMPN 2 SIJUK MAJU TERUS.

 

 

 

Sijuk, 30 September 2021